Langsung ke konten utama

Laporan Keuangan Digital

Laporan keuangan merupakan siklus akuntansi yang menghimpun hasil dari sekian banyak transaksi yang terjadi dalam suatu perusahaan, dimana setiap akhir periode biasanya pihak manajemen perusahaan akan menyusun dan menyajikan laporan keuangan yang telah disusun tersebut. Laporan keuangan bertujuan menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja dan perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi.Kemajuan teknologi saat ini memungkinkan seseorang untuk mengelola keungannya dengan mudah menggunakan aplikasi, jasa pembuatan aplikasi akuntansi akan membuat sistem sesuai dengan kebutuhan Anda. Laporan keuangan juga menunjukkan apa yang telah dilakukan manajemen, atau pertanggungjawaban manajemen atau sumber daya yang dipercayakan padanya. Informasi perubahan posisi keuangan perusahaan bermanfaat untuk menilai aktivitas investasi, pendanaan dan operasi selama periode pelaporan. Informasi ini berguna bagi pemakai sebagai dasar untuk menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kas (dan setra kas) dan kebutuhan perusahaan untuk memanfaatkan arus kas tersebut.



Pada umumnya setiap perusahaan membuat laporan keuangan mengenai kegiatan usahanya melalui penyusunan laporan keuangan yang dilakukan pada akhir tahun. Laporan keuangan merupakan bagian dari proses pelaporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi Neraca, Laporan laba rugi, Laporan Perubahan Posisi Keuangan (yang disajikan dalam berbagai cara seperti, sebagai laporan arus kas atau laporan arus dana), Catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari lapoaran keuangan. 4 Perkembangan perusahaan tersaji di laporan keuangan akan dijadikan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan perusahaan. Pengukuran kinerja sesungguhnya merupakan dasar penilaian atas perilaku manusia dalam melaksanakan peran yang mereka mainkan di dalam organisasi secara periodik dan dalam menjalankan efektivitas operasional suatu organisasi, berdasarkan standar, sasaran, dan kriteria yang telah ditetapkan.

Bisnis yang dijalankan oleh suatu perusahaan, tentulah memiliki beberapa tujuan yang ingin dicapai oleh pemilik dan manajemen. Pemilik perusahaan menginginkan keuntungan yang optimal atas usaha yang dijalankannya, dan bagi pihak manajemen, keuntungan yang diperoleh merupakan pencapaian rencana (target) yang telah ditentukan sebelumnya. Pencapaian target keuntungan sangat penting karena dengan mencapai target yang telah ditetapkan atau bahkan melebihi target yang diinginkan, hal ini merupakan prestasi tersendiri bagi pihak manajemen. Agar tujuan tersebut dapat dicapai, manajemen perusahaan harus mampu membuat perencanaan yang tepat dan akurat. Kemudian, pelaksanaan di lapangan harus dilakukan secara baik dan benar sesuai dengan rencana yang telah di susun. Disamping itu, manajemen juga harus mampu mengawasi dan mengendalikan kegiatan usaha yang dijalankannya apabila terjadi penyimpangan. Kemudian, agar usaha yang dijalankan dapat dipantau perkembangannya, setiap perusahaan harus mampu membuat catatan, pembukuan, dan laporan di buat baik dalam suatu periode tertentu.


Untuk mampu membaca, mengerti, dan memahami arti laporan keuangan, perlu di analisis terlebih dulu dengan berbagai alat analisis yang bisa digunakan. Salah satu alat analisis tersebut di kenal dengan analisis laporan keuangan. Dengan menggunakan alat analisis laporan keuangan, terutama bagi pemilik usaha dan manajemen, dapat di ketahui berbagai hal yang berkaitan dengan keuangan dan kemajuan perusahaan. Pemilik usaha dapat mengetahui kondisi keuangan perusahaan dan menilai kinerja manajemen sekarang, apakah mencapai target yang telah ditetapkan atau tidak. Sementara itu, bagi pihak manajemen, laporan keuangan merupakan cerminan kinerja selama ini. Hasil analisis ini juga memberikan gambaran sekaligus dapat digunakan untuk menentukan arah dan tujuan perusahaan kedepan. Artinya, laporan keuangan dapat menjadi acuan dalam pengambilan keputusan dan hal – hal yang dianggap penting bagi pihak manajemen.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Company Profile yang Dapat Dibagikan dengan Mudah melalui Media Sosial

       Dalam era digital seperti sekarang ini, media sosial telah menjadi salah satu alat pemasaran yang paling efektif dan kuat untuk mempromosikan bisnis. Salah satu cara untuk memanfaatkan potensi media sosial secara maksimal adalah dengan membuat company profile yang dapat dibagikan dengan mudah melalui platform-platform tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang pentingnya memiliki company profile yang ramah media sosial, serta bagaimana cara membuatnya dengan mudah agar bisa dicerna oleh banyak orang,anda juga bisa menggunakan jasa desain company profile untuk membantu membuatkan materi dan media promosi bagi usaha-mu!,agar lebih mudah orang bisa mengenalnya. Mengapa Company Profile harus Ramah Media Sosial? Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang bagaimana cara membuat company profile yang ramah media sosial, mari kita pahami terlebih dahulu mengapa hal ini penting. 1. Mencapai Audiens yang Lebih Luas Dengan membagikan company profile melalui ...

Membuat Company Profile yang Bersifat Edukatif: Membangun Otoritas dalam Industri Anda

   Apakah kamu ingin perusahaanmu dikenal sebagai pemimpin dalam industri? Salah satu cara terbaik untuk mencapainya adalah melalui pembuatan company profile yang tidak hanya informatif, tetapi juga bersifat edukatif. Dengan menyediakan informasi yang bermanfaat dan mendidik kepada klien potensial dan mitra bisnis, kamu dapat membangun otoritas dan kepercayaan dalam industrimu. Artikel ini akan membahas cara membuat company profile yang bersifat edukatif, mudah dimengerti, dan mampu menarik banyak orang.Jika anda ingin mudah anda bisa menggunakan jasa,apa lagi diera saat ini banyak digital agency yang menawarkan jasa desain company profile buat menolong mempromosikan perusahan secara digital agar perusahan dikenal banyak orang,dengan cara ini sangat mempermudah perusahaan anda. # Apa Itu Company Profile yang Bersifat Edukatif? Sebelum kita masuk ke dalam cara membuatnya, mari kita pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan company profile yang bersifat edukatif. Company ...

Pengaruh Kemajuan Teknologi Komunikasi dan Informasi

 Dari catatan sejarah bisa kita amati serta pelajari kalau tiap kemajuan teknologi hendak bawa pengaruh yang dominan untuk pertumbuhan warga.  Pertumbuhan teknologi, ini senantiasa bawa pengaruh di bidang ekonomi, politik serta mfliter dan perusahan teknologi seperti  jasa social media marketing . Oleh sebab itu, pertumbuhan teknologi paling utama di bidang komunikasi butuh dipelajari serta dicari jalur ke luar yang pas untuk kehidupan umat manusia.   Untuk negara- negara dunia ketiga, butuh lebih teliti dalam menjawab pertumbuhan teknologi data.  Sebjab tanpa pengamatan yang teliti hingga kemajuan teknologi data ini bisa berdampak munculnya jurang perbandingan yang terus menjadi melebar serta bersinambung pada munculnya perpecahan. Pertumbuhan yang pesat dari teknologi dejwasa ini mendesak warga merambah masa pasca- industri.  Kondisi ini merupakan lanjutan dari masa pra-industri dan masyarakat industri. Perbedaan utama dari masyarakat pasca-industri ...