Langsung ke konten utama

Dampak Perkembangan Kecepatan Informasi



Perkembangan teknologi informasi membawa sebuah perubahan dalam masyarakat. Lahirnya media sosial menjadikan pola perilaku masyarakat mengalami pergeseran baik budaya, etikan dan norma yang ada. Media sosial juga melahirkan perusahaan atau agency seperti jasa social media marketing di Indonesia. Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar dengan berbagai kultur suku, ras dan agama yang beraneka ragam memiliki banyak sekali potensi perubahan sosial. 

Dari berbagai kalangan dan usia hampir semua masyarakat Indonesia memiliki dan menggunakan media sosial sebagai salah satu sarana guna memperoleh dan menyampaikan informasi ke publik. Oleh sebab itu penelitian ini memiliki rumusan masalah sebagai berikut: apa pengertian media sosial, apa dampak media sosial terhadap masyarakat di Indonesia dan apa pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. 

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian deskriptif adalah salah satu jenis penelitian yang tujuannya untuk menyajikan gambaran lengkap / eksplorasi dan klarifikasi mengenai suatu fenomena atau kenyataan sosial.

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. 

Akibat positif dari media sosial merupakan mempermudah kita buat berhubungan dengan banyak orang, memperluas pergaulan, jarak serta waktu bukan lagi permasalahan, lebih gampang dalam mengekspresikan diri, penyebaran data bisa berlangsung secara kilat, bayaran lebih murah. Sebaliknya akibat negatif dari media sosial merupakan menjauhkan orang- orang yang telah dekat serta kebalikannya, interaksi secara tatap muka cenderung menyusut, membuat orang- orang jadi kecanduan terhadap internet, memunculkan konflik, permasalahan pribadi, rentan terhadap pengaruh kurang baik orang lain.

Terdapatnya media sosial sudah pengaruhi kehidupan sosial dalam warga. Perubahan- perubahan dalam ikatan sosial( social relationships) ataupun bagaikan pergantian terhadap penyeimbang( equilibrium) ikatan sosial serta seluruh wujud perubahan- perubahan pada lembaga- lembaga kemasyarakatan didalam sesuatu warga, yang pengaruhi sistem sosialnya, tercantum didalamnya nilai- nilai, perilaku serta pola sikap diantara kelompok- kelompok dalam warga. Social Media juga mengantarkan jasa social media marketing menjadi perusahaan yang eksis di Indonesia.

Pergantian sosial positif semacam kemudahan mendapatkan serta mengantarkan data, mendapatkan keuntungan secara sosial serta ekonomi. Sebaliknya pergantian sosial yang cenderung negatif semacam timbulnya kelompok– kelompok sosial yang mengatasnamakan agama, suku serta pola sikap tertentu yang terkadang menyimpang dari norma– norma yang terdapat. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Company Profile yang Dapat Dibagikan dengan Mudah melalui Media Sosial

       Dalam era digital seperti sekarang ini, media sosial telah menjadi salah satu alat pemasaran yang paling efektif dan kuat untuk mempromosikan bisnis. Salah satu cara untuk memanfaatkan potensi media sosial secara maksimal adalah dengan membuat company profile yang dapat dibagikan dengan mudah melalui platform-platform tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang pentingnya memiliki company profile yang ramah media sosial, serta bagaimana cara membuatnya dengan mudah agar bisa dicerna oleh banyak orang,anda juga bisa menggunakan jasa desain company profile untuk membantu membuatkan materi dan media promosi bagi usaha-mu!,agar lebih mudah orang bisa mengenalnya. Mengapa Company Profile harus Ramah Media Sosial? Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang bagaimana cara membuat company profile yang ramah media sosial, mari kita pahami terlebih dahulu mengapa hal ini penting. 1. Mencapai Audiens yang Lebih Luas Dengan membagikan company profile melalui media sosial, Anda

Perkembangan Alat Komunikasi Online

Survei yang diilakukan oleh APJII (2016) menunjukkan 97,4% atau sekitar 129,2 juta pengguna merupakan masyarakat di Indonesia yang melakukan aktifitas berinternet untuk berselangcar di media sosial. Media sosial hadir dan merubah cara berkomunikasi di era masyarakat saat ini. Media sosial menjadi ladang bisnis baru seperti  jasa social media marketing . Dengan komunikasi tak terbatas jarak, waktu, ruang dapat dilakukan dimana saja, kapan saja, tanpa harus tatap muka atau bertemu. Bahkan media sosial mampu meniadakan status sosial, yang sering kali sebagai penghambat komunikasi. Dengan hadirnya Facebook, Twitter, Line, Google+ dan media sosial lainnya seseorang bisa saling berinteraksi tanpa harus bertemu (Watie, 2011). Hal tersebut didukung oleh pernyataan dari beberapa remaja yaitu peneliti menanyakan mengapa menggunakan media sosial dan bagaimana intensitas penggunaannya lalu Informan NJN, SR dan AQM, YI dan SPW menjawab bahwa mereka menggunakan media sosial untuk berkomunikasi jarak