Komunikasi pemasaran memiliki hal yang metodenya sering dipakai oleh jasa social media marketing ketika melakukan kegiatan marketing. Dalam komunikasi pemasaran, penyampaian informasi menjadi aktifitas paling penting. Informasi dalam komunikasi disebut juga sebagai pesan (message), dalam menyampaikan pesan, pemasar harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:
1. Pola Pesan.
Menurut Machfoedz (2010), bagian terpenting dari strategi penyampaian pesan pemasaran adalah penetapan cara terbaik untuk mengkomunikasikan pokok pesan kepada khalayak sasaran dalam hal ini adalah konsumen/pelanggan. Ada 2 faktor yang perlu diperhatikan dalam penyampaian pesan (presentasi), yaitu : isi pesan harus berorientasi pada produk dan tingkat kepedulian konsumen harus terbangun. Hal ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
- Menyampaikan informasi yang sebenarnya tentang produk batik yang dijual.
- Menyisipkan humor-humor segar dalam status update.
- Memberikan gambar-gambar produk batik yang inovatif dan menarik konsumen
- Menjawab pertanyaan-pertanyaan konsumen tentang produk batik secara detail.
- Meyakinkan konsumen bahwa Batik burneh dapat dipercaya dengan memberikan nomor kontak dan email maupun instagram untuk kemudahan komunikasi.
2. Pengaturan penyampaian pesan.
Pengaturan frekuensi penyampaian pesan melalui media yang disediakan oleh instagram memang harus secara berkala dan terencana, hal tersebut juga sering diterapkan oleh para jasa social media marketing dalam menangani media sosial. Adapun cara-caranya adalah sebagai berikut:
- Menyampaikan Judul atau Subyek pesan yang menarik
- Mengirim pesan secara personal kepada customer, bukan massal agar tidak dianggap sebagai spam
- Membuat pesan sesingkat dan sejelas mungkin
- Selalu akhiri dengan kontak
- Membuat jadwal dan frekuensi pengiriman pesan secara berkala.
Komentar
Posting Komentar